SELAMAT DATANG DI DESA SUDIMARA MELAYANI SEPENUH HATI CEPAT DAN RAMAH .  

Potensi Pariwisata Pantai

I Wayan Suardita | 05 Mei 2022 22:32:04 | 7.449 Kali

Pesona alam indah dan menarik pantai Yeh Gangga melengkapi deretan objek wisata pantai di kabupaten Tabanan. Memang jika anda ingin menikmati alam indah pulau Dewata Bali maka tidak akan jauh-jauh dari wisata alam pantainya, sejumlah objek wisata pantai yang tidak asing lagi adalah pantai Kuta, Sanur, Tanjung Benoa, Pandawa ataupun Jimbaran yang berada di wilayah pariwisata Bali selatan. 

Objek wisata di Bali tersebut tersebut begitu populer, sehingga mereka yang datang ke Bali dan ingin menikmati wisata alam pesisir, maka tempat-tempat tersebut wajib untuk dikunjungi. Tetapi bagi anda yang menginginkan nuansa alam pantai yang berbeda dan tenang maka cobalah pantai Yeh Gangga yang terletak di Kabupaten Tabanan ini.

Nama objek wisata pantai Yeh Gangga di Tabanan mungkin cukup asing bagi sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali, tetapi bagi warga lokal Yeh Gangga sudah cukup populer. Pantai ini terletak di desa Sudimara, Kecamatan dan Kabupaten Tabanan, Bali. Jarak tempuh dari kota Tabanan hanya 11 km, sedangkan dengan objek wisata Tanah Lot sekitar 9 km dan jarak dari bandara Ngurah Rai 31 km. Pantai Yeh Gangga belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga tempat wisata pantai di Tabanan ini nuansanya lebih tenang karena masih sepi pengunjung, walaupun tempatnya cukup terjangkau dari pusat-pusat pariwisata seperti Kuta, Canggu dan Tanah Lot.

Setiap objek wisata tentu ada sesuatu yang ditonjolkan atau memiliki kelebihan sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Seperti juga halnya pantai Yeh Gangga di Tabanan ini, alam pantainya tenang dan damai, tidak seperti pantai Kuta ataupun Tanjung Benoa yang terletak di Bali Selatan ini, selalu ramai dengan hiruk pikuk manusia. 

Nuansa dan suasana alam di tempat pariwisata ini memang indah dan menarik dalam balutan alam yang damai, sehingga objek wisata pantai Yeh Gangga di Tabanan ini memberikan tawaran berbeda bagi anda yang rindu akan ketenangan dan nuansa privasi yang lebih maksimal. Pantai ini menjadi tujuan upacara Melasti bagi umat Hindu dan pelepasan abu kremasi saat upacara Ngaben.

Objek wisata pantai Yeh Gangga di Tabanan ini bisa membuat pikiran anda fresh kembali, menenggelamkan segala kejenuhan, hamparan pantainya terlihat begitu menarik walaupun pantainya berpasir hitam keabuan, nampak indah dengan hempasan ombak dari lautan biru dalam bingkai indah alam sekitarnya serta ketenangan karena masih sepi pengunjung. Pantai Yeh Gangga menyuguhkan nuansa yang lebih spesial dan sanggup membuat anda betah berlama-lama. Beberapa aliran sungai yang bermuara di pantai Yeh Gangga membentuk lekukan-lekukan indah, ditambah lagi pemandangan sawah di sekitar kawasan ini membuat alam Yeh Gangga di Tabanan menjadi juara banget. 

Pada sisi sebelah Barat objek wisata pantai Yeh Gangga terlihat jejeran perahu nelayan, menandakan kawasan ini cocok untuk menangkap ikan dan memancing. Satu hal unik lagi yang ditonjolkan oleh objek wisata Yeh Gangga Tabanan ini adalah pemandangan indah sebuah pura yang terletak di atas bongkahan batu karang besar, yang mana di bawah tempat pura tersebut berdiri ada lubang tembus pada batu karang tersebut, sehingga pura ini dikenal juga dengan nama Pura Batu Bolong.

Keberadaan pura Batu Bolong tersebut terlihat begitu indah dan unik, apalagi saat senja hari, di saat matahari mulai pulang keperaduannya, semburat cahaya kecil yang seolah keluar dari lubang batu di bawah pura tersebut, alam sunset yang indah. Jadi pantai Yeh Gangga di kawasan pariwisata Tabanan ini melengkapi tempat-tempat wisata sunset di pulau Dewata Bali yang bisa menjadi tujuan tour menarik selanjutnya. 

Pesona sunset di pantai Yeh Gangga Tabanan ini memang cukup spektakuler berpadu indah dengan nuansa alam pantai yang tenang, Pura Batu Bolong, perahu nelayan dan pemandangan alam sawah sekitarnya. Keindahan senja di pantai Yeh Gangga ini bisa disejajarkan dengan sunset yang disuguhkan di objek wisata Tanah Lot.

Namun beberapa kelebihan lainnya yang ditawarkan di sini, alamnya yang tenang dan tidak begitu banyak pengunjung, membuatnya lebih spesial bagi orang-orang pecinta ketenangan, di Yeh Gangga Tabanan anda bisa mandi di pantai karena pantainya cukup landai, namun kalau mandi di sini perlu hati-hati karena ombak besar bisa saja datang sewaktu-waktu dan arus bawah laut tidak pernah diketahui, sehingga bisa berbahaya kalau mandi terlalu ke tengah. 

Objek wisata pantai Yeh Gangga Tabanan ini masih didominasi pengunjung dari warga lokal dan juga wisatawan yang menginap di kawasan ini. Sepinya pengunjung bisa dimaklumi, karena banyak wisatawan yang masih mengidolakan pantai berpasir putih seperti yang didominasi oleh pesisir-pesisir Bali Selatan.

Namun demikian lambat laun pantai ini akan menjadi lebih terkenal dan populer lagi, apalagi sekarang sudah berdiri hotel bintang 5 di kawasan ini seperti Waka Gangga Resort dan Villa Kailasha. Jika anda ingin menyepi menikmati hari-hari liburan dan jauh dari keramaian kota maka cobalah menginap beberapa malam di kawasan pariwisata Tabanan ini. 

Di Kawasan pantai Yeh Gangga juga ada provider horse riding atau menunggang kuda dan juga ATV ride, petualangan naik kuda ataupun mengendarai ATV menjadi wisata petualangan menarik, menikmati alam pantai, indahnya hamparan sawah sekitarnya dan juga lebih mengenal budaya pedesaan masyarakat setempat.

Liburan dan menginap di kawasan Yeh Gangga Tabanan, anda bisa menikmati sisi lain keindahan Bali, balutan alam desa yang indah dan tenang bida membuat anda fresh kembali, serta akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan di pulau Dewata Bali. 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Back Next

Peta Wilayah Desa

Sinergi Program

PEMPROV BALI KABUPATEN TABANAN POLRES TABANAN
KEMENDES KEMENPAR DJP
PRODESKEL

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. Pantai Yeh Gangga
Desa : Sudimara
Kecamatan : Tabanan
Kabupaten : Tabanan
Kodepos : 82115
Telepon : 03614790088
Email : desasudimaratabanan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung